Selasa, 15 Januari 2013

Cara Aman Mendelay Bagi Kiper Futsal

Saya akan sedikit membagikan cara aman dalam mendelay saat bertanding yang bisa dilakukan kiper futsal. Konotasi dari cara ini bisa disebut sebagai salah satu cara yang kurang sportif. Karena kata delay sama halnya dengan  mengulur-ulur waktu dan dimata banyak orang, menganggap ini merupakan bentuk dari negatif suatu pertandingan. Namun mengulur waktu saat pertandingan tidak selalu bersifat negatif, kenapa? Karena terkadang tim kita butuh cara untuk setidaknya penurunan tempo pertandingan, untuk sekedar menarik nafas sejenak yang disebabkan tempo cepat dari permainan futsal itu sendiri.

Oleh karena itu saya lebih memilih menggunakan kata delay permainan daripada mengulur waktu yang memiliki konotasi negatif. Berikut ini cara-cara yang biasa di lakukan ketika akan mendelay waktu dalam pertandingan futsal.


  • 4 Detik Yang Berharga
     Jika kamu sudah mengerti dan memahami dari aturan dasar dari futsal dimana ada lama waktu yang ditentukan dalam menguasai bola.  Lamanya adalah 4 detik, dan wasit akan menghitung begitu kiper futsal menguasai bola di daerahnya.

Baik bola yang ditangkap, ataupun bola yang dikuasai dengan kaki. Oleh karena itu manfaatkan 4 detik ini untuk mendelay, karena dalam futsal 1 detik saja begitu berharga karena dalam 1 detik bisa di konversi menjadi sebuah gol.


  • Manfaatkan Drop Kick
Drop kick merupakan salah satu teknik yang biasa dilakukan seorang kiper futsal untuk mencetak gol. Namun yang perlu di ingat bahwa drop kick hanya bisa dilakukan ketika permainan masih bersifat open play atau bola hidup.

Caranya adalah dengan menendang bola sejauh mungkin kalau bisa sampai keluar lapangan, dengan asumsi panitia tidak memiliki bola cadangan. Dengan begitu waktu yang terbuang akan semakin lama untuk mengambil bola.

Namun cara ini jarang dilakukan, karena cara ini hanya bisa dilakukan pada lapangan outdor, yang tidak memliki jaring-jaring pengaman disekitar lapangan.




  • Tenang dan Tidak Usah Terburu-buru
     Ketika bola keluar lapangan permainan, santai saja tak usah terburu-buru dalam mengambilnya. Cara ini merupakan yang paling mudah dilakukan, terlebih jika posisi tim kita sedang unggul.


  • Saatnya Jadi Makhluk Non-Sosial
Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial,namun tidak pada saat ketika sedang bertanding, atau berkompetisi untuk sesaat berubahlah menjadi makhluk non-sosial. Maksudnya non-sosial disini bukan diam saja, tetapi maksudnya tidak perlu setiap saat membantu lawan.

Salah satu cara yang biasa saya lakukan adalah dengan tidak membantu tim lawan dalam mengambil bola. Biarkan saja pemain dia yang mengambil bola, kita cukup fokus mengatur area pertahanan dan memantapkan posisi di bawah mistar.


  • Over Acting
Mungkin kamu perlu memiliki bakat bersandiwara, karena cara ini sangat ampuh dan sering jamak terjadi dalam dunia olahraga. Sebagai seorang kiper futsal, benturan-benturan dengan lawan sangatlah lumrah dan wajar terjadi. Dan jika kamu bisa memanfaatkan hal ini, kamu bisa mendelay permainan cukup lama.

Caranya dengan berpura-pura kesakitan pasca benturan. Dan ini merupakan cara yang ampuh, INGAT kita seorang kiper, dan pertandingan bisa dilanjutkan jika memang terjadi pergantian terhadap kita selaku kiper atau ketika kita mampu berdiri lagi untuk mengawal gawang.


Itu adalah beberapa cara untuk mendelay  saat bertanding. Namun tetap cara ini banyak positif dan negatifnya tergantung darimana cara pandang kita. Dan saya tidak menyuruh untuk melakukan hal di atas, tetap hargai keputusan wasit dan bermain Fair Play.


sumber

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar