Sabtu, 26 Januari 2013

6 Hal Perusak Konsentrasi Kiper Futsal

Konsentrasi merupakan salah satu hal yang harus dimiliki seorang kiper futsal, setidakya selama 2 x 20 menit alias sepanjang pertandingan. Berbagai hal akan mengganggu konsentrasi kita dan pekerjaan kita adalah untuk menjaga konsentrasi kita dalam kondisi yang terbaik. Berikut beberapa diantaranya, yang bisa merusak konsentrasi kita

1. Grogi / Nerveus

Diri sendiri yang grogi dan nerveus merupakan hal pertama yang mampu menganggu kosentrasimu. Tenangkan diri dengan berbagai cara, musik salah satunya atau bisa juga dengan menonton video sebelum bertanding.





Jika sudah berada di lapangan kurangi ngrogi dengan mengontrol nafas secara perlahan. Atau bisa juga dengan meminum air putih.

2. Teman Satu Tim

Teman satu tim yang permainannya kurang greget / tidak on fire sangat berpengaruh dengan performamu baik sadar atau tidak. Karena nantinya akan mempengaruhi moodmu yang bisa segaris dengan performamu.

Usahakan untuk belajar menjaga mood /semangat apapun kondisinya, agar performa terbaik bisa dipertahankan walaupun teman bermain under perform.

3. Yours Equipment

Perlengkapan bisa menganggu konsentrasi jika tidak digunakan sebaik mungkin. Posisikan perlengkapan senyaman mungkin agar pergerakan bisa teteap leluasa dan tidak menggangu perform.

Biasanya perlengkapan yang masih baru akan cukup mengganggu karena pergerakan kita menjadi sedikit terbatas karena masih kakunya perlengkapan kita.

4. Lawan

Lawan merupakan faktor eksternal,  jangan sampai terganggu atau terprovokasi. Karena biasanya pada sebuah tim akan ada seorang yang memiliki karakter yang gemar memprovokasi.

Hadapi dengan kepala dingin, dan biar wasit yang memutuskan. Ketika kau sudah terprovokasi maka itu akan menjadi sebuah kerugian bukan bagi diri sendiri tetapi bagi tim juga,

5. Supporter

Supporter tim akan selalu menjadi tenaga ekstra, agar kita selalu berusaha memberikan mereka penalmpilan yang terbaik. Namun bagaimana dengan supporter lawan?

Supporter lawan akan selalu menganggumu dengan yel-yel-nya, dan ketika mentalmu tidak bisa bertahan atau menanggulanginya maka konsentrasimu akan buyar. Dan dalam beberapa kasus kita akan menjadi melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa merembet kemasalah lain.

6. Wasit

Salah satu faktor dari yang sudah disebutkan tadi adalah wasit “tidak ada wasit yang sempurna”-Coach Indra. Terkadang keputusan-keputusan dari wasit dapat mengganggu kosentrasi karena kita merasa dirugikan.

Karenanya hargai keputusan wasit, keputusan wasit itu mutlak tak dapat diganggu gugat. Meskipun sekiranya dirugikan tetaplah fight dengan bermain fair play, jika hendak melakukan protes lakukan dengan seperlunya.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar