Kamis, 25 Oktober 2012

KPK Dimataku

Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) adalah suatu lembaga pemerintah yang betugas untuk mengadili para koruptor . KPK dibentuk pada tahun 2003 untuk mengatasi, menanggulangi dan memberantas korupsi di Indonesia. Komisi ini didirikan berdasarkan kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi .

Komisi Pemberantasan Korupsi mempunyai tugas:
  1. Koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi;
  2. Supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi;
  3. Melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi;
  4. Melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi; dan
  5. Melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.
Dalam melaksanakan tugas koordinasi, Komisi Pemberantasan Korupsi berwenang :
  1. Mengkoordinasikan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi;
  2. Menetapkan sistem pelaporan dalam kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi;
  3. Meminta informasi tentang kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi kepada instansi yang terkait;
  4. Melaksanakan dengar pendapat atau pertemuan dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi; dan
  5. Meminta laporan instansi terkait mengenai pencegahan tindak pidana korupsi. 

Kasus sedang hangat diperbincangkan yaitu Cicak vs Buaya jilid II  kasus dugaan korupsi simulator SIM di kepolisian RI dimana sebelumnya polisi dan kpk bersitegang menyidiki kasus ini, namun setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pernyataan bahwa kasus ini dilimpahkan ke KPK , polisi menuruti perintah presiden tetapi hingga saat ini berkas belum dilimpahkan kepada KPK . KPK sudah terlebih dahulu menetapkan tersangka dalam kasus ini  yakni Brigjen Didik Purnomo, Sukotjo Bambang dan Budi Susanto dan mantan Kakorlantas Irjen Djoko Susilo yang tidak ditetapkan sebagai tersangka oleh Mabes Polri. Djoko diduga telah menyalahgunakan kewenangannya hingga menimbulkan kerugian negara mencapai Rp100 miliar dalam proyek pengadaan simulator untuk ujian SIM. Angka yang sangat fantastis jika uang tersebut digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin .
Itulah sedikit contoh-contoh kasus korupsi di indonesia sungguh ironis memang korupsi di indonesia membuat indonesia menjadi negara no. 1 paling korup di asia-pasifik ,dan 5 didunia. Sebenarnya masih banyak kasus lainnya.
Para koruptor harusnya diberi sanksi yang tegas agar mereka kapok untuk korupsi lagi , indonesia kan negara hukum harusnya memeberi hukaman yang setimpal jangan berikan ampun kepada para koruptor, Indonesia berikan keadilan yang sama jangan masyarakat kecil mengambil 5 buah kelapa dipenjara hingga 15 tahun sementara para koruptor yang mengambil uang rakyat hingga milyaran / triliunan Cuma dipenjara dibawah 10 tahun. Ayo seluruh warga indonesia kita sama-sama dukung penuh KPK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pembrantas korups.
Belum lama juga kita mendengar berita bahwa KPK mengingkan gedung baru karena kapasitas gedung lama sudah tidak memenuhi , mulanya komisi III DPR tidak menyetujui tetapi saat ini komisi III DPR sudah menyetujui pembangunan gedung baru , kini KPK harus meyakinkan kementrian keuangan guna mencairkan dana pembangunan.
Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, KPK harus memenuhi syarat yang telah ditentukan pemerintah melalui Kemenkeu terkait dengan pencairan anggaran pembangunan gedung aset pemerintah. syarat yang dimaksud antara lain, memiliki rencana aksi yang jelas, misalnya usulan lokasi, siapa yang akan membangun, dan target waktu pembangunan gedung,tanah dan sertifikat yang jelas.
Kita juga melihat ada “Koin KPK”  ini dibuat oleh lapisan masyarakat , para mahasiswa , dan lembaga-lembaga yang peduli dengan KPK untuk pembangunan gedung baru . Betapa sedihnya melihat fenomena seperti ini lembaga yang ingin memberantas korupsi yang membuat indonesia menjadi negara terkorup ke 5 didunia susah untuk mendapatkan gedung baru.
ya itulah sebagian dari kisah KPK yang kita ketahui, bagaimana negara ini bisa menghapus korupsi?? jangan menghapus untuk menguranginya pun sulit. Atau memang kita telah terlahir berbakat untuk menjadi seorang koruptor??. Apa jadinya kalo sampai KPK diberhentikan??. KPK memang sangat berpengaruh bahkan sangat penting untuk negara kita ini. Semoga kasus-kasus korupsi yang adadi negri cepat selesai dan para koruptor segera bertaubat.
SUMBER: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar