Selasa, 23 Oktober 2012

iPhone 5 VS Samsung Galaxy S III

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan kedua smartphone ini. Smartphone dari masing-masing perusahaan besar ini sangat menunjukan persaingan yang sangat ketat. Mereka saling membuat smartphone yang lebih canggih lagi dibandingkan rivalnya. Pada tes perbandingan layar di Perusahaan penganalisa display populer DisplayMate telah melakukan tes untuk membandingkan layar iPhone 5 dengan Galaxy S III melalui berbagai tes yang sangat ilmiah. Layar dengan diamater 4,8 inci Super AMOLED display HD dari Samsung Galaxy S III menghadapi latar 4 inci IPS LCD milik iPhone serta layar 3,5 inci dari iPhone 4, demikian dilaporkan laman GSMarena, Rabu (26/9/12).

DisplayMate melakukan pengujian banyak display, seperti refleksi layar, kecerahan, kontras warna dan intensitas, sudut penglihatan, konsumsi daya dan umur baterai. Menurut pengukuran laboratorium DisplayMate, display iPhone 5 lebih akurat dan merupakan yang terbaik yang pernah mereka lihat. Dibandingkan dengan iPhone 4, layar IPS LCD dari iPhone memiliki refleksi layar yang jauh lebih rendah dan kontras gambar yang jauh lebih tinggi. Warna Gamut juga meningkat secara signifikan dan lebih akurat dari sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan teknologi layar OLED yang ada di Galaxy S III? Teknologi OLED ternyata belum mampu menghasilkan akurasi yang sama dengan layar IPS LCD yang dimiliki oleh iPhone 5. Hal ini lebih disebabkan karena teknologi AMOLED yang relatif baru dan belum sehalus teknologi LCD. Namun, DisplayMate menjanjikan masa depan yang sangat cerah bagi teknologi AMOLED karena akan terus berkembang dan akan mengalami peningkatan kecepatan yang sangat pesat.

Kecerahan warna dari Galaxy S III sekitar separuh dari iPhone 5, disebabkan OLED memiliki efisiensi daya yang rendah yang mengakibatkan kendala listrik. Kontras gambar dan kemudahan pembacaan di layar Galaxy S III di pencahayaan ambient tinggi juga lebih buruk jika dibandingkan dengan iPhone 5.

Jika pengamatan kita difokuskan terhadap gamut warna, Apple telah melakukan upaya nyata dalam membuat warna seakurat mungkin. Sementara Samsung belum benar-benar melakukan hal tersebut di display OLED mereka. Akibatnya display AMOLED merepresentasikan ketidakakuratan warna dan kelebihan saturasi warna.


Kehadiran iPhone 5 ini akan menggantikan iPhone 4S untuk bersaing dipasar smartphone kelas atas. Jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S3, manakah yang lebih tahan banting? Perlu diperhatikan bahwa banting disini adalah banting dalam arti yang sebenarnya.

Sebelumnya pernah muncul adu kekuatan berupa drop test antara iPhone 4S dan Galaxy S3 dan hasilnya, iPhone 4S lebih tahan ketika dibanting atau dilempar dengan kerusakan yang lebih minim dibanding Samsung Galaxy S3.

Kini setelah iPhone 4S diganti oleh iPhone 5 dalam uji ketahanan ponsel ketika dibanting atau dilempar pada uji drop test kali ini. iPhone 5 mengusung material aluminium di casingnya sedangkan Samsung Galaxy S3 menggunakan plastik, lalu mana yang paling tahan banting?

Pengujian dilakukan dengan menjatuhkan ponsel pada ketinggian berbeda, mulai dari setinggi saku, setinggi bahu, setinggi telinga dan juga dijatuhkan pada ketinggian 6 meter pada jalan berbatu di Hongkong.

Hasil pengujian drop test ini terlihat bahwa iPhone 5 lebih kuat dan lebih tahan dibanting dibandingkan kompetitornya, Samsung Galaxy S3. Hal tersebut terlihat dari besarnya kerusakan yang dialami ponsel ketika dijatuhkan.

iPhone 5 terlihat berhasil melewati drop test tanpa mengalami pecah atau retak di layarnya, bahkan ketika dijatuhkan pada ketinggian 6 meter, iPhone 5 hanya sedikit mengalami lecet di bagian tepi, sedangkan layarnya tidak mengalami retak atau pecah.
Berbeda dengan Samsung Galaxy S3 yang layarnya mengalami retak yang cukup besar ketika di jatuhkan dari ketinggian bahu orang dewasa. Ketika dijatuhkan pada ketinggian telinga orang dewasa, casing belakang Galaxy S3 langsung terlepas.

Seperti yang dilansir dari Mashable (21/09/2012), secara spesifikasi, mungkin kedua ponsel ini bersaing ketat, namun soal ketahanan ponsel ketika dibanting, Samsung Galaxy S3 harus mengakui bahwa iPhone 5 dan iPhone 4S lebih tahan banting.

Pendapat dari saya, sebenarnya kedua smartphone ini memang sangat bagus dan memiliki keunggulan masing-masing.  Dan itu balik kepada kita para pengguna smartphone, kita bisa memilih mana yang lebih bagus. Mungkin ini bisa menjadi panduan buat anda yang masih bingung untuk membeli iPhone 5 atau Samsung Galaxy S3.


sumber 1
sumber 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar